Blog ini merupkan blog duplikat blog ayoberkebun. Lebih bertujuan sebagai buck up bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan

Memangkas Ekstrim Lengkeng Yuk...

Lama rasanya tidak ada tulisan yang baru dalam blog ini.  Sebelumnya perkenankan saya mengucapkan selamat Tahun Baru 2013 kepada para pecinta ayo berkebun, semoga di tahun 2013 ini semangat kerja semakin meningkat,  kemudahan dan kelancaran dalam urusan kita semua dilancarkan Allah SWT, Amieeen.

Pada kesempatan posting perdana di tahun 2013 ini saya akan mengajak para pembaca untuk sedikit menyinggung tentang Pemangkasan Ekstrim Pada Tanaman Lengkeng.

Penampakan terkini
Pada mulanya lengkeng Itoh yang saya tanam di awal 2005 silam terlihat tinggi dengan tajuk yang kurang beraturan.  Beberapa kali saya di buat "pusing" saat membungkus buah yang siap di santap si "codot" dan kelelawar.   Pada buah paling ujung (atas) dan di tengah-tengah tajuk, rasanya malas sekali untuk membungkus buahnya.  Padahal dapat dipastikan untuk lengkeng itoh di kebun tlogomas ini Tidak dibungkus = Tidak panen, alias pasti di makan kelelawar.

Tujuan utama dari pemangkasan ekstrim ini sebenarnya lebih ke arah "menjaga agar tanaman tetap pendek". Dengan alasan agar pemeliharaan lebih mudah termasuk pengendalian hama yang sering menyerang daun dan batang, serta tentu saja memudahkan saat proses pembungkusan buah tadi.

Tujuan lainnya adalah lebih meremajakan tajuk tanaman dan membuat tajuk lebih kompak.  Bahkan setelah keluar tajuk baru saya diharuskan untuk mengurangi beberapa bagian agar aerasi dalam tajuk bagus, serta sinar matahari lebih bisa masuk ke dalam tajuk.

Bagi sebagian orang, dirasa sayang sekali pemangkasan ekstrim ini,  Kebanyakan dari mereka berfikiran kenapa tidak di cangkok atau di perbanyak dengan sambung susu saja, kan lebih bisa menghasilkan ??
Anggapan itu tentu saja tidak ada salahnya alias benar, namun karena keterbatasan waktu dan tenaga serta sosok tanaman yang saya rasa kurang begitu prima, langkah pangkas ekstrim pun akhirnya jalan yang saya tempuh.

Bila Anda mau memperbanyak, baik dengan cara cangkok maupun sambung susu, bisa dilakukan setelah beberapa bulan pemangkasan ini.  Kok bisa ?? Iya, bisa sekali, karena setelah pemangkasan ekstrim ini (sekitar kurang lebih 6 bulan pasca pangkas ekstrim) akan muncul tunas cabang baru yang lebih rimbun dan lebih kompak dengan batang yang sehat.  Bahkan beberapa cabang harus dibuang karena begitu banyaknya cabang baru yang muncul dan saling berdesakan.

Kapan sebaiknya pemangkasan ekstrim ini dilakukan ??
Menurut saya pribadi saat yang tepat melakukannya adalah pada musim penghujan (seperti sekarang ini).  Memang saat pemangkasan hingga tumbuh tunas baru yang memakan waktu 6 bulanan tanaman tidak bisa berproduksi.  Namun demi tujuan yang lebih baik hal ini patut dipertimbangkan.

Berikut adalah tahap dan perkembangan tanaman serta sedikit trik saat melakukan pangkas ekstrim :
  • Pastikan tanaman yang akan di "hajar" sudah tinggi dan tajuk agak jelek agar tidak ada rasa menyesal


sosok tanaman sebelum di hajar total....
  • Gunakan gergaji yang tajam untuk memotong cabang yang besar agar bekas potongan rapi dan tidak terbelah.

tidak takut memangkas batang yang besar
  • Pastikan saat pemangkasan sedang musim hujan, atau minimal tanaman tidak telat air
pasca pemangkasan, lebih pendek sebenarnya lebih bagus
  • Berikan pupuk NPK Berimbang atau yang N nya lebih tinggi beberapa hari pasca pemangkasan

seminggu pasca

seminggu pasca

3 minggu pasca

3 minggu pasca

  • Lakukan pencegahan terhadap hama ulat yang menyerang daun muda dengan menyemprotkan pestisida sistemik dan kontak secara bergantian (seminggu sekali) setelah daun muda muncul.

4 minggu pasca

5 minggu pasca

Add caption
  • Bila Perlu berikan penyangga berupa bambu atau sejenisnya di sekeliling tanaman dengan membentuk kotak segi empat untuk menopang cabang yang ada.  Penyangga ini jika kita ingin memperbanyak tanaman dengan cara sambung susu bisa digunakan juga sebagai pengait (cantholan) batang bawah.
6 bulan pasca

dari sisi lain


Seperti yang saya singgung di depan, tanaman dari hasil pangkas ekstrim ini akan memiliki tajuk dan percabangan yang lebih bagus dan rimbun.  Bahkan, sekali lagi, kita dituntut untuk mengurangi percabangan yang ada agar sirkulasi udara di dalam tajuk bagus untuk menghindari kelembaban yang tinggi.

Anda tertarik melakukan.......
Semoga bermanfaat....

Author:

Facebook Comment