Blog ini merupkan blog duplikat blog ayoberkebun. Lebih bertujuan sebagai buck up bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan

Rukem vs Plum Dataran Rendah...

Merasakan buah Plum dataran rendah yang sudah tua di pohon beberapa waktu lalu mengingatkan akan pengalaman setahun lalu saat di NTB (Febuary 2010).  Buah bulat dengan warna coklat kehitaman berdiameter sekitar 3-4 cm yang oleh rekan-rekan disebut Plum Dataran Rendah ini memiliki bentuk buah dan daun yang hampir mirip dengan Buah Rukem (lobe-lobe) yang saya dapati di NTB kala itu.  Lalu bagaimana rasanya ??  
sosok Indukan Plum yang produktif
Untuk sekedar mengingat dan memastikan perbedaan keduanya, makan awal Febuary 2011 kemarin, disela tugas kantor, saya sempatkan kembali mengunjungi pohon Rukem milik teman di NTB sana.  Sambil mengamati sosok pohon, bentuk daun dan tentu saja rasa buahnya, ingatan kembali saat menikmati buah Plum Dataran Rendah.
Dari sini secara pribadi dapat saya tarik kesimpulan
:
  • Bentuk buah, ukuran dan warna buah matang maupun mentah relatif sama antara rukem dan plum dataran rendah.
  • Tekstur buah, warna dan biji nya juga memiliki kesamaan diantara keduanya.
  • Rasa buah, jika dipanen sama-sama tuanya, yang ditandai dengan warna coklat kehitaman, akan sangat berbeda.  Artinya jika plum dataran rendah buah yg dipanen dan dimakan langsung akan terasa manis masam menyegarkan walaupun masih ada rasa sepetnya.  Namun jika buah rukem langsung kita makan / digigit akan terasa sepet yang mendominasi, kecuali jika buah rukem di pencet-pencet dahulu atau di putar-putar di antara kedua telapak tangan hingga lunak, maka rasa sepet akan hilang dan mirip dengan rasa Plum dataran rendah.  Demikian juga jika Plum dataran rendah sebelum dimakan di gulung-gulungkan diantara kedua telapak tangan, rasa sepet nya akan hilang.
  • Sosok pohon Plum dataran rendah tidak sebesar pohon rukem, artinya walaupun masih kecil si plum ini sudah mampu berbuah secara produktif bahkan bagus buat tabulampot.  Hal ini berbeda dengan pohon rukem yang tumbuh membesar dan baru berbuah.
  • Pohon rukem kecil cenderung berduri tajam, dan akan hilang dengan sendirinya jika pohon sudah besar, sedangkan sosok pohon plum tanpa duri sekali saat tanaman masih kecil maupun sudah besar.
  • Perbedaan bentuk daun akan nampak jelas saat tanaman rukem masih kecil, namun jika sudah dewasa keduanya relatif sama

perbedaan daun mencolok saat tanaman masih kecil    




sosok daun Rukem di pohon yang sudah tua, mirip sekali dgn Pllum

 Perhaatikan bentuk buah, warna dan ukurannya
   
buah tua Plum Dataran Rendah dari pohon

buah tua Rukem dari pohon
  Bandingkan sosok daging buah dan bijinya yang pipih....
daging buah Plum Dataran Rendah


daging buah Rukem

Terlepas dari kesamaan dan perbedaan keduanya, kehadiran plum dataran rendah merupakan suatu berkah bagi para penghobi tanaman buah, mengingat keberadaan pohon rukem saat ini sudah tergolong agak langka untuk dicari. Tuhan telah menciptakan tanaman dengan segala kekurangan dan kelebihannya, Subhanallah....

Semoga bermanfaat......

Author:

Facebook Comment